Review Buku
Penerbit : Yrama Widya
Penulis : Ar. Rizky SIP
Penulis : Ar. Rizky SIP
Mengenal
Microsoft Excel
Cara
Menampilkan Kolom/Baris Excel yang Disembunyikan(hidden).
Setelah
menyembunyikan kolom atau baris, kadang kita perlu melihat atau
menampilkan kembali isi kolom atau baris tersebut. Mungkin hanya
sekedar melihat-lihat kolom sebelum pengeditan, ataupun untuk hal
lainnya. Untuk memunculkan kolom dan baris yang telah disembunyikan
sebelumnya anda bisa menggunakan langkah berikut.
- Blok baris dan kolom yang mengapit kolom yang disembunyikan. Misalkan kita menyembunyikan kolom B dan C, maka kita harus memblok kolom A hingga D. atau kjika kita menyembunyikan baris 23, 24, dan 25, maka untuk menampilkannya kita blok baris 22 hingga 26, dan seterusnya.
- Selanjutnya klik kanan pada area yang sudah diblok tadi
- Pada popup menu yang muncul, klik item unhide
- Baris atau kolom yang anda sembunyikan yang berada di dalam blok baris atau kolom akan segera ditampilkan.
Cara
Menghapus (Delete) Kolom Atau Baris Di Ms Excel.
Bila
data yang ada di dalam baris atau kolom di dokumen Microsoft Excel
sudah tidak kita perlukan, selain kita bisa menyembunyikan baris atau
kolom, kita juga bisa menghapusnya. Penghapusan baris atau kolom di
Microsoft Excel juga dapat memperkecil ukuran file excel. Untuk
menghapus baris atau kolom anda dapat menggunakan langkah berikut.
a. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan keyboard
- Pilih cell baris atau kolom yang akan dihapus. Pilih beberapa cell untuk menghapus baris atau kolom sekaligus.
- Tekan tombol ALT+H, D, R untuk menghapus baris atau
- Tekan tombol ALT+H, D, C untuk menghapus baris
- Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.
b. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan Mouse (popup menu)
- Pilih baris atau kolom yang akan dihapus. Caranya header kolom atau baris yang akan dihapus
- Kemudian klik kanan pada blok kolom atau baris yang dipilih
- Selanjutnya pada popup menu pilih item delete
- Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.
c. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan Mouse (ribbon home)
- Pilih baris atau kolom yang akan dihapus. Caranya header kolom atau baris yang akan dihapus
- Kemudian klik menu ribbon home
- Pada grup cells yang ada di bagian kanan ribbon, klik tombol delete
- Selanjutnya pada popup menu pilih item Delete sheet rows untuk menghapus baris atau
- klik item Delete sheet columns untuk menghapus kolom
- Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.
Cara Membuat Tulisan Uang Rp
Muncul Otomatis Di Excel.
Saat
mengisikan angka nominal rupiah di Microsoft Excel, kita bisa
membuatnya atau menampilkannya dalam bentuk atau format accounting,
dan bila ingin menampilkan satuan mata uang kita bisa menggunakan
format cell Currency. Tetapi sayangnya, saat menggunakan format
Currency satuan mata uang yang ditampilkankan bukan tulisan Rp,
tetapi tulisan IDR. Untuk menampilkan dalam bentuk Rp anda bisa
menggunakan cara berikut.
- Klik kanan cell yang akan diubah formatnya
- Pada popup menu yang muncul klik item Format Cells
- Selanjutnya pada dialog Format Cells, pada daftar Category pilih item Custom
- Kemudian pada panel bagian kanan, dari daftar Type pilih salah satu format nilai yang menggunakan tanda $ sebagai mata uangnya
- Selanjutnya pada kotak Type yang ada di atasnya, ganti semua tulisan $ dengan Rp.
- Klik tombol OK untuk menggunakan format tersebut pada cell
- Tampilan Nilai pada cell tersebut kini sudah menggunakan satuan mata uang Rp di depannya.
Cara
Menyembunyikan Kolom Dan Baris Di Ms Excel.
Kita
bisa memanfaatkan fasilitas hide yang disediakan oleh Microsoft Excel
untuk menyembunyikan baris ataupun kolom sehingga baris atau kolom
tersebut meskipun tidak akan terlihat di layar ataupun tidak tampil
saat dicetak tetapi tetap masih ada di dalam dokumen atau tidak
dihapus. Dengan menyembunyikan kolom atau baris, data yang kita
miliki akan masih tetap ada, hanya saja data tersebut tidak akan
tampil baik di layar ataupun di kertas saat dicetak. Untuk
menggunakan menyembunyikan kolom atau baris anda dapat menggunakan
langkah berikut.
- Pilih kolom atau baris yang akan disembunyikan (hide).
- Bila anda ingin menyembunyikan kolom maka klik kanan pada header column, sedangkan bila ingin menyembunyikan baris maka klik kanan pada header baris yang akan disembunyikan. Atau klik kanan pada area blok cell jika anda telah memblok terlebih dahulu baris atau kolom.
- Selanjutnya pada popup menu yang muncul pilih item Hide.
- Kolom yang anda pilih tadi akan langsung disembunyikan.
Cara
Mengatur Penggunaan Angka Nol di Ms Excel.
Angka
nol kadang membuat kita menjadi pusing. Angka nol di depan bilangan
tidak memiliki arti secara nilai nominal, tetapi kadang kita justru
butuh untuk menampilkan angka nol di depan bilangan, misalkan untuk
nomor telepon, nomor urut, dan lain sebagainya. Atau mungkin kita
ingin selalu menampilkan selalu 4 angka di belakang koma (desimal)
termasuk bagi angka yang sebenarnya hanya cukup dengan satu angka
desimal (contoh : 12.5 menjadi 12.5000) Untuk menampilkan angka nol
di depan bilangan anda bisa mengaturnya melalui format cell di
microsoft excel, antara lain dengan menggunakan langkah berikut.
- Pilih atau blok cell yang akan diatur penulisan angkanya
- Klik kanan pada cell tersebut
- Pada popup menu yang muncul, pilih item Format Cell
- Selanjutnya pada Dialog Format Cell pada daftar Category, pilih item Custom
- Kemudian pada kotak type ketikkan “000,000,000.00” (tanpa tanda kutip)
- Kemudian klik tombol OK
- Tampilan nilai atau angka yang ada di dalam cell akan berubah mengikuti format yang telah diberikan.
Sedikit Rvevisi Buku Dan Sekaligus Menambah Ilmu Tentang MS. Excel :) :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar