Jumat, 14 Februari 2014

Trik Cepat Belajar MS. Excel... ??

Review Buku 
Penerbit : Yrama Widya
Penulis : Ar. Rizky SIP
Mengenal Microsoft Excel



Cara Menampilkan Kolom/Baris Excel yang Disembunyikan(hidden).


Setelah menyembunyikan kolom atau baris, kadang kita perlu melihat atau menampilkan kembali isi kolom atau baris tersebut. Mungkin hanya sekedar melihat-lihat kolom sebelum pengeditan, ataupun untuk hal lainnya. Untuk memunculkan kolom dan baris yang telah disembunyikan sebelumnya anda bisa menggunakan langkah berikut.

  1. Blok baris dan kolom yang mengapit kolom yang disembunyikan. Misalkan kita menyembunyikan kolom B dan C, maka kita harus memblok kolom A hingga D. atau kjika kita menyembunyikan baris 23, 24, dan 25, maka untuk menampilkannya kita blok baris 22 hingga 26, dan seterusnya.
  2. Selanjutnya klik kanan pada area yang sudah diblok tadi
  3. Pada popup menu yang muncul, klik item unhide
  4. Baris atau kolom yang anda sembunyikan yang berada di dalam blok baris atau kolom akan segera ditampilkan.


Cara Menghapus (Delete) Kolom Atau Baris Di Ms Excel.
Bila data yang ada di dalam baris atau kolom di dokumen Microsoft Excel sudah tidak kita perlukan, selain kita bisa menyembunyikan baris atau kolom, kita juga bisa menghapusnya. Penghapusan baris atau kolom di Microsoft Excel juga dapat memperkecil ukuran file excel. Untuk menghapus baris atau kolom anda dapat menggunakan langkah berikut.

a. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan keyboard

  1. Pilih cell baris atau kolom yang akan dihapus. Pilih beberapa cell untuk menghapus baris atau kolom sekaligus.
  2. Tekan tombol ALT+H, D, R untuk menghapus baris atau
  3. Tekan tombol ALT+H, D, C untuk menghapus baris
  4. Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.

b. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan Mouse (popup menu)

  1. Pilih baris atau kolom yang akan dihapus. Caranya header kolom atau baris yang akan dihapus
  2. Kemudian klik kanan pada blok kolom atau baris yang dipilih
  3. Selanjutnya pada popup menu pilih item delete
  4. Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.

c. Menghapus baris atau kolom dengan menggunakan Mouse (ribbon home)

  1. Pilih baris atau kolom yang akan dihapus. Caranya header kolom atau baris yang akan dihapus
  2. Kemudian klik menu ribbon home
  3. Pada grup cells yang ada di bagian kanan ribbon, klik tombol delete
  4. Selanjutnya pada popup menu pilih item Delete sheet rows untuk menghapus baris atau
  5. klik item Delete sheet columns untuk menghapus kolom
  6. Baris atau kolom yang dipilih akan dihapus.


Cara Membuat Tulisan Uang Rp Muncul Otomatis Di Excel.
Saat mengisikan angka nominal rupiah di Microsoft Excel, kita bisa membuatnya atau menampilkannya dalam bentuk atau format accounting, dan bila ingin menampilkan satuan mata uang kita bisa menggunakan format cell Currency. Tetapi sayangnya, saat menggunakan format Currency satuan mata uang yang ditampilkankan bukan tulisan Rp, tetapi tulisan IDR. Untuk menampilkan dalam bentuk Rp anda bisa menggunakan cara berikut.
  1. Klik kanan cell yang akan diubah formatnya
  2. Pada popup menu yang muncul klik item Format Cells
  3. Selanjutnya pada dialog Format Cells, pada daftar Category pilih item Custom
  4. Kemudian pada panel bagian kanan, dari daftar Type pilih salah satu format nilai yang menggunakan tanda $ sebagai mata uangnya
  5. Selanjutnya pada kotak Type yang ada di atasnya, ganti semua tulisan $ dengan Rp.
  6. Klik tombol OK untuk menggunakan format tersebut pada cell
  7. Tampilan Nilai pada cell tersebut kini sudah menggunakan satuan mata uang Rp di depannya.


Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Di Ms Excel.
Kita bisa memanfaatkan fasilitas hide yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk menyembunyikan baris ataupun kolom sehingga baris atau kolom tersebut meskipun tidak akan terlihat di layar ataupun tidak tampil saat dicetak tetapi tetap masih ada di dalam dokumen atau tidak dihapus. Dengan menyembunyikan kolom atau baris, data yang kita miliki akan masih tetap ada, hanya saja data tersebut tidak akan tampil baik di layar ataupun di kertas saat dicetak. Untuk menggunakan menyembunyikan kolom atau baris anda dapat menggunakan langkah berikut.

  1. Pilih kolom atau baris yang akan disembunyikan (hide).
  2. Bila anda ingin menyembunyikan kolom maka klik kanan pada header column, sedangkan bila ingin menyembunyikan baris maka klik kanan pada header baris yang akan disembunyikan. Atau klik kanan pada area blok cell jika anda telah memblok terlebih dahulu baris atau kolom.
  3. Selanjutnya pada popup menu yang muncul pilih item Hide.
  4. Kolom yang anda pilih tadi akan langsung disembunyikan.


Cara Mengatur Penggunaan Angka Nol di Ms Excel.

Angka nol kadang membuat kita menjadi pusing. Angka nol di depan bilangan tidak memiliki arti secara nilai nominal, tetapi kadang kita justru butuh untuk menampilkan angka nol di depan bilangan, misalkan untuk nomor telepon, nomor urut, dan lain sebagainya. Atau mungkin kita ingin selalu menampilkan selalu 4 angka di belakang koma (desimal) termasuk bagi angka yang sebenarnya hanya cukup dengan satu angka desimal (contoh : 12.5 menjadi 12.5000) Untuk menampilkan angka nol di depan bilangan anda bisa mengaturnya melalui format cell di microsoft excel, antara lain dengan menggunakan langkah berikut.
  1. Pilih atau blok cell yang akan diatur penulisan angkanya
  2. Klik kanan pada cell tersebut
  3. Pada popup menu yang muncul, pilih item Format Cell
  4. Selanjutnya pada Dialog Format Cell pada daftar Category, pilih item Custom
  5. Kemudian pada kotak type ketikkan “000,000,000.00” (tanpa tanda kutip)
  6. Kemudian klik tombol OK
  7. Tampilan nilai atau angka yang ada di dalam cell akan berubah mengikuti format yang telah diberikan.

Sedikit Rvevisi Buku Dan Sekaligus Menambah Ilmu Tentang MS. Excel :) :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar