Sabtu, 07 Desember 2013

Penjelasan Robotika

  •  Sejarah Robot dan Pengertian tentang Robotika


 Kata robot diambil dari kata yang berasal dari kata robota, yang mempunyai arti pekerja, dipopulerkan oleh Isaac Asimov pada tahun 1950 dalam sebuah karya fiksinya. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor

 Robot pertama kali dikembangkan oleh Computer Aided Manufacturing-International (CAM-1), “ Robot adalah peralatan yang mampu melakukan fungsi-fungsi yang biasa dilakukan oleh manusia, atau peralatan yang mampu bekerja dengan intelegensi yang mirip dengan manusia”.

 Robotika merupakan bidang dinamis yang perkembangannya maju pesat.

Sumber : http://www.eyuana.com/2012/08/sejarah-robot-dan-pengertian-tentang.html


  • Penemu Robot Pertama kali Al-Jazari Bapak Robot


 Al-Jazari Penemu Mekanik Robot, lahir di  Al Jazira, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Nama lengkapnya Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas.

 Di masanya, Al-Jazari telah mampu menciptakan robot manusia (humanoid) yang bisa diprogram. Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin, yang di kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.

Sumber :http://www.tnol.co.id/renungan/23341-al-jazari-sang-penemu-mekanik-robot.html


  • Jenis Jenis Robot
1. Robot Mobil (Bergerak) yang bisa berpindah tempat.



Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektro

2. Robot Manipulator ( tangan )



Robot ini hanyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.

3. Robot Humanoid



Merupakan robot yang miliki kekmpuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda.

4. Robot Berkaki



Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.

5. Flying Robot (Robot Terbang)



Yaitu robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang deprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.

6. Under Water Robot (Robot dalam air)



Robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.


Sumber : http://irwanpanarobost.blogspot.com/2011/06/pengertian-robot.html


  • Efek positif dan negatif robot dimasa depan


1. Efek Positif:
- Robot bisa membantu menjinakan bom, mencari bom, dll.

- Robot bisa berjalan dengan bebas diluar angkasa tanpa adanya oksigen,robot tersebut sangat berguna untuk penelitian luar angkasa.

- Dan robot bisa melakukan semua yang manusia sulit untuk melakukannya, tentu saja dengan bantuan program yang sudah terinstal pada diri si robot tersebut.

2. Efek Negatifnya:
- Dengan adanya robot bisa membuat manusia menjadi malas bekerja, malas berjalan mengunakan kaki, jarang memakai otak mereka untuk berfikir, dan badan yang semula normal menjadi gemuk dan tulang menjadi menciut karena timbunan lemak yang menggumpal. seperti pada film Wall-E.

- Akan lebih banyak pengangguran karena sebagian besar pekerjaan manusia akan diambil alih dengan robot dan munkin bisa terjadi kerusuhan yang diakibatkan oleh robot.

Sumber : http://robotika.blog.gunadarma.ac.id/?p=276

Ini video membuat robot sederhana :) :)



INI CERITA KU MANA CERITA MU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar